Helo Timor Leste

Tanpa Anderson dan Hamra Permainan Persik Kediri Kalah Efektif Dibanding PSM Makassar

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Rabu, 20 Dec 2023 09:20
    Bagikan  
CETAK GOL
persik official

CETAK GOL - Penyerang Persik Kediri asal Papua, Jeam Kelly Sroyer melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang PSM Makassar, Senin (18/12/2023)

HELOINDONESIA.COM - Laga Persik Kediri menghadapi PSM Makassar benar apa yang dikatakan pelatih Marcelo bakal menjadi laga yang berat, Senin (18/12/2023).

Dan itu terbukti dalam laga itu Persik akhirnya harus menerima gol terlebih dahulu setelah di babak pertama permain tersa imbang.

Dua pemain belakang andalan Persik, Anderson do Nascimento dan Hamra tak memperkuat tim itu dalam kandang di Stadion Brawijaya ini.

Baca juga: Setelah Laga Terhenti 30 Menit Karena Keputusan Ruwet Wasit, Akhirnya Persik Cetak Gol Di Menit ke-90

Posisi bek dalam laga itu diperankan oleh Vava Nario Yagalo dan Simen Lyngbo serta Ahmad Nuri Fasya yang menggantikan di menit ke-46.

Sejak awal pertandingan keduanya sudah saling serang dan laga berlangsung sengit, namun tak satu pun dari kedua tim itu berhasil menceptakan gol di babak pertama usai.

Baru di babak kedua menit ke-86 terjadi gol melalui Sundulan Yusran Fernandes, yang sempat menjadi perdebatan namun akhirnya disahkan oleh sang wasit.

Baca juga: Mengejutkan Kecintaan Renan Silva Pada Persik, Ingin Pensiun Bersama Skuad Macan Putih

Sundulan Yusran sebetulnya dapat ditepis penjaga gawang Persik, Dikri Yusran, namun bola sudah melewati garis gawang Persik kedudukan menjadi 0-1.

Namun setelah Jeam Kelly Sroyer masuk sebagai pemain pengganti mampu membuat kejuatan hingga mampu merobek gawang PSM Makassar di akhir pertandingan menit ke-90+3.

Hasil ini membuat kedudukan menjadi 1-1 dan menjadikan posisi Persik Kediri di posisi yang sama dari sebelumnya di peringkat ke-6 dengan 34 poin.

Baca juga: Pertaruhan Lini Belakang Persik: Anderson Absen dan Hamra Belum Pasti, Pemain PSM Makassar Diterpa Kelelahan dan Cedera

Sedangkan PSM Makassar yang merupakan juara bertahan Liga Indonesia musim lalu berada diperingkat ke-11 klasemen sementara dengan 29 poin.

Masuknya Rizky Eka memberi energi baru sisi sayap Juku Eja lebih hidup, Ze Paulo mulai menemukan ritme permainan.

Ze beberapa kali menciptakan kreasi yang mampu memberi ancaman lini pertahanan Persik Kediri.

Di sisi lain Persik mengandalkan serang bali cepat melalui agresifitas Flavio dan Supriati namun belum mampu membobol gawang PSM Makassar.

Baca juga: Karena Alasan Persikmania, Pemain asal Portugal Ze Valente Semangat Bergabung dengan Persik Kediri

Lini tengah Macan Putih, Ze Valente dan Renan Silva sepertinya belum mampu menenunjukkan kreasi serangan karena terus dibayangi pemain PSM Makassar Akbar Tanjung dan M Arfan.

Justru mati langkahnya Ze Valente dan Renan Silva membuat permainan PSM Makassar lebih efektif dalam mengancam gawang Persik Kediri.

Vovo Mario dan Simen Lyngbo yang bermain sampai menit ke 46 digantikan Ahmad Nuri Fasya tidak sempat kualahan dalam menghadapi serangan PSM Makassar.

Dua pemain penjaga pertahanan Persik Kediri Anderson dan Hamra memang saat itu tidak bisa diturunkan dalam laga itu.

Baca juga: Persik Kediri Putus Rekor 14 Kali Menang Berturut-turut, Maung Memang Tak Layak Menang

Anderson tidak bisa bermain akibat akumulasi kartu kuning sedangkan Hamra tidak bisa turun lantara cedera engkel, sehingga harus menunggu pemulihan.

Seperti kita ketahui Anderson adalah jantung pertahanan Persik Kediri dibeberapa pertandingan terakhir.

Setidaknya di empat pertandingan terakhir ini Anderson tampil maksimal menjaga benteng pertahanan Persik Kediri.

Bahkan meski dia menjadi jatung pertahanan Persik, pemain asal Brasil yang ingin pensiun bersama Persik ini masih sempat mencetak dua gol.

Baca juga: Modal Keyakinan Tinggi Melawan Persib Bandung, Persik Kediri Berangkat Tak Mau Berbagi Poin

Anderson berhasil mencatak satu gol ketika Persik Kediri melawan Arema FC dan gol kedua dia ciptakan saat Persik bermain di kandang Persib Bandung, pada pekan sebelumnya.

Sayangnya dalam laga penting melawan PSM Makassar Anderson dan Hamra tidak bisa turut bermain dan harus menepi di pinggir lapangan.

Meski demikian pelatih Marcelo sudah menyiapkan taktik cadangan, dengan memainkan Ahmad Agung sebagai bek tengah.

Baca juga: Tak Bisa Mengantar Kakaknya ke Pemakaman, Gali Freitas Rela Diganjar Kartu Kuning Karena Menggelar Selebrasi Khusus

Sebenarnya Ahmad Agung sudah membuktikan kekokohannya saat menghadapi Persib Bandung, hingga mendapat clean sheet.

Pemain Agung saat itu sangat bagus, itu sebabnya Marcelo mengaku sangat layak memerankan Agmad Agung di posisi bek tengah, namun tanpa diperkuat Anderson.

Telepas itu semua, skuad Juku Eja dalam laga itu bermain efektif mekipun penguasaan bola lebih banyak didominasi Persik Kediri hingga 66 persen.

Baca juga: Setelah Moncer di PSIS Semarang, Gali Freitas Kini Banyak Tawaran Klub Lain di Indonesia dan Luar Negeri

Efektifitas permain PSM Makassar dibuktikan terlebih dulu dengan kemampuannya mencuri gol di menit ke-86.

Jumlah tembakan ke arah gawang PSM Makassar sebanyak 4 kali tembakan lebih banyak dari Persik sebanyak 3 kali tembakan.

Begitu juga dengan total tembakan PSM Makassar lebih unggul sebanyak 15 kali total tembakan sedang Persik Kediri hanyak 10 kali tembakan. **